Kita Satu, Kita Sama, Kita Setara, Satu Tujuan: Indonesia

Setengah Juta KTP-El bagi Warga Bogor

Sekretaris Dirjen Dukcapil I Gde Suratha pada acara Peluncuran Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (GISA) di Kabupaten Bogor

Kabupaten Bogor adalah salah satu daerah di Indonesia yang memiliki kepadatan penduduk tinggi yakni hampir mencapai 6 juta jiwa, dengan luas wilayah dan kondisi geografis yang menantang. Hal ini jugalah yang menjadi faktor penghambat dalam pendistribusian KTP El, apalagi pengadaan blanko KTP Elektronik beberapa waktu yang lalu sempat terkendala secara nasioanl.

Dampaknya masih banyak warga Kabupaten Bogor yang sudah melakukan perekaman sidik jari dan iris mata tapi belum mendapatkan KTP Elektronik. Pemerintah akhirnya memberikan Surat Keterangan atau biasa disebut suket sebagai pengganti KTP El sementara.

Hingga tahun 2018 Kabupaten Bogor memiliki jumlah penerbitan Suket yang tinggi, dengan kata lain jumlah blanko KTP El sangat kurang untuk Kabupaten Bogor. Jumlah kekurangannya hingga mencapai 500.000 blanko, sehingga sampai akhir 2018 baru sebagian yang telah dibagikan KTP Elektronik.

Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang diwakili Sekretaris Dirjen Dukcapil I Gde Suratha pada acara Peluncuran Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (GISA) di Kabupaten Bogor mengungkapkan komitmennya di hadapan Bupati Bogor Ade Yasin dan Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Bogor Otje Subagja bahwa 2019 ini akan dituntaskan kekurangan tersebut.

190.000 blanko KTP El telah diserahkan pada Disdukcapil Kabupaten Bogor beberapa waktu lalu. Suratha kemudian menambahkan bahwa, “Dalam waktu 10 hari ke depan, kita akan serahkan 120.000 blanko sehingga seluruh warga Kabupaten Bogor akan mendapatkan KTP Elektronik” tegasnya.

Peluncuran GISA di Kabupaten Bogor dilaksanakan di Gedung Tegar Beriman, Kamis, 21 Maret 2019 sekaligus penandatanganan nota kesepahaman Disdukcapil dengan berbagai dinas terkait seperti Dinas Pendidikan, Kesehatan, Kominfo dan lain-lain. Disamping itu juga dilakukan peresmian pendirian Unit Pelaksana Teknis Disdukcapil dengan penandatanganan 7 prasasti pendirian UPT oleh Bupati Bogor. (esa/IKI)

Add new comment

Plain text

  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <blockquote> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.
CAPTCHA
This question is for testing whether or not you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.
4 + 6 =
Solve this simple math problem and enter the result. E.g. for 1+3, enter 4.