Kita Satu, Kita Sama, Kita Setara, Satu Tujuan: Indonesia

Walikota Tangsel: Saya Tegaskan, Seluruh Dokumen Dukcapil Gratis

Airin Rachmi Diany menyerahkan akta kelahiran secara simbolis Minggu 14 September 2014

Acara Car Free Day di depan areal Teras Kota Tangerang Selatan pada Minggu, 14 September 2014 tampak lebih meriah dari biasanya dengan kehadiran mobil pelayanan keliling milik Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Pemerintah Kota Tangerang Selatan. Kehadiran mobil serta beberapa stand dinas terkait hari itu adalah untuk melengkapi acara yang digelar Pemerintah Kota Tangerang Selatan dalam rangka meningkatkan pelayanan administrasi kependudukan di Kota Tangsel.

Acara bertajuk Penyerahan Simbolis Dokumen Kependudukan Dalam Rangka Mendekatkan Pelayanan Kepada Masyarakat ini dihadiri antara lain Walikota Tangerang Selatan Hj. Airin Rachmi Diany, S.H., M.H, Sekretaris Daerah Drs. H. Dudung E. Diredja, M.Si., Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Drs. H. Toto Sudarto, M.Si., serta Camat dan Lurah seluruh Kota Tangerang Selatan. Pengurus IKI yang hadir adalah Drs. H. Saifullah Ma’shum, Rofiqul Umam Ahmad, S.H., M.H., Prasetyadji dan Eddy Setiawan.

Grup komedian  yang anggotanya terdiri dari 3 orang PNS dari Pemkot Tangsel ditambah bintang tamu komedian Narji juga turut memeriahkan suasana sambil melakukan sosialisasi mengenai administrasi kependudukan. Puncak acara adalah pembagian 1.178 Akta Kelahiran secara simbolis oleh Walikota Tangerang Selatan kepada perwakilan masyarakat yang menerima. Sebagian besar para penerima adalah kelompok tidak mampu dan anak-anak panti asuhan.  Toto Sudarto juga menambahkan dalam keterangannya bahwa dalam program ini, Pemkot Tangsel tidak hanya memberikan akta kelahiran tapi juga akta kematian, KTP, KK dan akta nikah sehingga total dibagikan dokumen kependudukan sebanyak 1.271.

Airin Rachmi Diany dalam sambutannya menegaskan bahwa Pemkot Tangerang Selatan akan terus berusaha meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat, agar semakin mudah, dan dekat dengan masyarakat. Untuk itu, ia meminta segenap jajarannya agar tidak cepat berpuas diri terhadap capaian saat ini, tapi terus mengembangkan kemampuan agar dapat memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat. Sistem pelayanan online juga akan menjadi prioritas ke depan, sehingga dapat mengubah pandangan masyarakat tentang birokrasi yang mempersulit. “Saya tegaskan, seluruh dokumen-dokumen kependudukan dan catatan sipil itu gratis sesuai UU No. 24 Tahun 2013” Tegas Airin.

Ia juga mengingatkan kepada jajaran Disdukcapil agar jangan ada yang melakukan pungli atau mempersulit masyarakat. Namun ia juga mengakui bahwa pemerintah tetap tidak dapat berbuat apa-apa apabila masyarakat tidak mengurus sendiri melainkan melalui “orang lain”. “Jadi apabila ingin gratis dalam mengurus berbagai dokumen dukcapil, datang dan uruslah sendiri” ujar Airin yang disambut tepuk tangan meriah anggota masyarakat yang hadir. Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 tentang Perubahan UU Adminduk memang telah mengamanatkan perubahan stelsel aktif dari penduduk kepada negara, sehingga tanggung jawab menciptakan tertib administrasi kependudukan adalah kewajiban pemerintah. @ed2ysetiawan

Add new comment

Plain text

  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <blockquote> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.
CAPTCHA
This question is for testing whether or not you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.
1 + 1 =
Solve this simple math problem and enter the result. E.g. for 1+3, enter 4.

Berita

Suasana perekaman KTP Elektronik di Blora pada masa pandemi
New Normal Perekaman KTP
Peneliti Senior Institut Kewarganegaraan Indonesia (IKI) Prasetyadji bersama Staf IKI Indah Widiyani, Risma Nuraini dan Yesaya sedang membantu pengisian berkas permohonan akta kelahiran bagi anak-anak Panti Asuhan Griya Asih, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, di Sekretariat IKI Wisma46 Lantai 14 Kota BNI, Jalan Jenderal Sudirman Kav 1 Jakarta, untuk diserahkan ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Propinsi DKI Jakarta. 4/2/2020.
Lahir dan Besar di Panti Asuhan
Sapto BW didampingi Sofian mewakili Dinas Dukcapil Propinsi DKI Jakarta menyerahkan akta kelahiran warga pemulung kepada Peneliti IKI Swandy Sihotang didamping Prasetyadji, di Jakarta 28/1/2020.
IKI Dukung Disdukcapil DKI Jakarta Fasilitasi Komunitas Pemulung & Anak Jalanan
Sekjen MPR RI Apresiasi IKI Terbitkan Buku Risalah Pembentukan UU Kewarganegaraan
Begini Cara Kerja Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri

Copyright © 2016.Institut Kewarganegaraan Indonesia, Wisma 46, Lantai 14, Ruang 14-16, Kota BNI, Jl Jenderal Sudirman Kav. 1, Jakarta Pusat (10220).