Kita Satu, Kita Sama, Kita Setara, Satu Tujuan: Indonesia

Upgrade Customer Service Disdukcapil Se-Banten

Institut Kewarganegaraan Indonesia (IKI) kembali mengadakan Pelatihan Customer Service (CS) di Kota Serang, Banten pada 23 Juli 2019 lalu.

Pelatihan ini ditujukan untuk staf front office Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) se-provinsi Banten dengan tema Komunikasi Layanan dan Service Leadership.

Pengangkatan tema tersebut menurut Ketua II IKI Saifullah Mashum bertujuan untukmeningkatkan pelayanan para petugas front office kantor Dukcapil kepada masyarakat dalam memperoleh hak-hak kependudukannya.

Menurut Kartiko Adi Pramono yang menjadi fasilitator Pelatihan tersebut, sebagaipelayanan publik mesti menjadi fleksibel dan tidak harus terpaku dengan satu kategori saja.

"Khususnya dalam memberikan pelayanan publik kepada masyarakat," ujar Kartiko, yang juga trainner Pramugara dan Pramugari Garuda Indonesia itu.

Kartiko mengkategorikan masyarakat dalam empat kategori, yaitu masyarakat yang Dominance, Complaince, Steadiness, dan Influencing.

Setelah menjelaskan secara detail ciri-ciri dari kategori customer tersebut, diamelanjutkan, petugas juga harus punya strategi untuk menghadapi masyarakat tersebut. Strategi menghadapinya dijelaskan secara teori dan praktek dalam berbagai jenis permainan.

Menurut Sekretaris Umum IKI Albertus Pratomo, ini kali kedua IKI mengadakan pelatihan. Pelatihan pertama dilaksanakan di bulan November 2018 di hotel Le Semar Kota Serang yang diikuti oleh 8 Dinas KePendudukan dan pencatatan Sipil di Provinsi Banten dengan Tema, Refleksi & Peningkatan Pelayanan Prima: "Memperkenalkan bagaimana staf front office melayani warga."

Lebih lanjut ia menjelaskan, IKI memang merasa perlu membantu dan mendorong teman-teman dari Dukcapil.

"Karena banyak mendengar cerita sehari-hari masyarakat yang datang ke dukcapil itu seluruhnya adalah pelayanan dan khususnya pelayanan dukcapilnya ibu dan bapak ujung tombaknya, ujung tombak yang sungguh-sungguh berinteraksi langsung dengan Masyarkat," tegas Albertus Pratomo.

Pelatihan diikuti oleh sebanyak 30 peserta dari Front Officer Disdukcapil se-Banten. Turut menjadi peserta para koordinator relawan IKI di Banten dan para pengurus serta peneliti IKI yakni Saefullah Maksum, Albertus Pratomo, Rofiqul Umam Ahmad, Swandy Sihotang dan Indah Widiyani. (editor)
 

 

Add new comment

Plain text

  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <blockquote> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.
CAPTCHA
This question is for testing whether or not you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.
1 + 2 =
Solve this simple math problem and enter the result. E.g. for 1+3, enter 4.

Berita

Peneliti Senior Institut Kewarganegaraan Indonesia (IKI) Prasetyadji bersama Staf IKI Indah Widiyani, Risma Nuraini dan Yesaya sedang membantu pengisian berkas permohonan akta kelahiran bagi anak-anak Panti Asuhan Griya Asih, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, di Sekretariat IKI Wisma46 Lantai 14 Kota BNI, Jalan Jenderal Sudirman Kav 1 Jakarta, untuk diserahkan ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Propinsi DKI Jakarta. 4/2/2020.
Lahir dan Besar di Panti Asuhan
Sapto BW didampingi Sofian mewakili Dinas Dukcapil Propinsi DKI Jakarta menyerahkan akta kelahiran warga pemulung kepada Peneliti IKI Swandy Sihotang didamping Prasetyadji, di Jakarta 28/1/2020.
IKI Dukung Disdukcapil DKI Jakarta Fasilitasi Komunitas Pemulung & Anak Jalanan
Sekjen MPR RI Apresiasi IKI Terbitkan Buku Risalah Pembentukan UU Kewarganegaraan
Begini Cara Kerja Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri
Saatnya Disdukcapil di Daerah Menyediakan Anjungan Dukcapil Mandiri

Copyright © 2016.Institut Kewarganegaraan Indonesia, Wisma 46, Lantai 14, Ruang 14-16, Kota BNI, Jl Jenderal Sudirman Kav. 1, Jakarta Pusat (10220).