Kita Satu, Kita Sama, Kita Setara, Satu Tujuan: Indonesia

Sosialisasi Menyegarkan ala Kota Tangsel

Sosialisasi mengenai Administras Kependudukan bersama komedian PNS

Kegiatan sosialisasi program-program pemerintah kerap diingat sebagai suatu kegiatan yang membosankan karena materi yang disampaikan maupun cara konvensional yang digunakan. Namun salah satu cara kreatif ditempuh Pemerintah Kota Tangerang Selatan dalam melakukan sosialisasi mengenai administrasi kependudukan kepada warganya. Caranya adalah melalui pertunjukkan komedi, uniknya lagi pertunjukkan komedi ini dilakukan oleh kelompok komedian bernama PNS.

PNS merupakan salah satu grup komedian yang mulai dikenal melalui Akademi komedi yang disiarkan salah satu TV swasta, dengan anggota terdiri dari Aldo, Baduy, dan Yoga. Guna lebih memeriahkan suasana dihadirkan juga komedian Narji yang berlakon sebagai wakil kepala dinas kependudukan dan catatan sipil Kota Tangerang Selatan. Tingkah dan celetukan para komedian membuat suasana sosialisasi Administrasi Kependudukan saat acara Penyerahan Simbolis Dokumen Kependudukan dalam Rangka Mendekatkan Pelayanan kepada Masyarakat, Minggu 14 September 2014 menjadi cair. Bahkan Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany beberapa kali tampak menyeka air mata karena tertawa geli mendengar humor-humor segar yang meluncur dari dialog ketiga komedian PNS.

Suasana segar dan santai tersebut sangat mendukung dalam penyampaian pesan-pesan penting terkait administrasi kependudukan, seperti betapa pentingnya akta kelahiran, lebih baik mengurus sendiri ketimbang melalui calo, pelayanan administrasi kependudukan di Kota Tangsel yang sedang berbenah, pentingnya partisipasi masyarakat dan lain-lain. Di tengah-tengah pertunjukkan,  kegiatan sosialisasi dilengkapi dengan dialog bersama Walikota, Sekretaris Daerah dan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Tangerang Selatan. Masyarakat tampak antusias pada sesi tanya jawab, dari sekedar menyampaikan unek-unek, hingga masalah got mampet yang sesungguhnya keluar dari tema, tetap dibahas dan langsung melibatkan lurah dari daerah yang dikeluhkan warga.

Kemasan yang ringan, bahasa yang sederhana namun tetap edukatif adalah kunci dalam acara sosialisasi ini sehingga masyarakat pun antusias untuk mengikuti acara yang dilaksanakan di area Car Free Day Kota Tangerang Selatan, meski hari telah terik dan hawa semakin panas di bawah tenda tempat penyelenggaraan acara. @ed2ysetiawan

Add new comment

Plain text

  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <blockquote> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.
CAPTCHA
This question is for testing whether or not you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.
10 + 0 =
Solve this simple math problem and enter the result. E.g. for 1+3, enter 4.

Berita

Suasana perekaman KTP Elektronik di Blora pada masa pandemi
New Normal Perekaman KTP
Peneliti Senior Institut Kewarganegaraan Indonesia (IKI) Prasetyadji bersama Staf IKI Indah Widiyani, Risma Nuraini dan Yesaya sedang membantu pengisian berkas permohonan akta kelahiran bagi anak-anak Panti Asuhan Griya Asih, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, di Sekretariat IKI Wisma46 Lantai 14 Kota BNI, Jalan Jenderal Sudirman Kav 1 Jakarta, untuk diserahkan ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Propinsi DKI Jakarta. 4/2/2020.
Lahir dan Besar di Panti Asuhan
Sapto BW didampingi Sofian mewakili Dinas Dukcapil Propinsi DKI Jakarta menyerahkan akta kelahiran warga pemulung kepada Peneliti IKI Swandy Sihotang didamping Prasetyadji, di Jakarta 28/1/2020.
IKI Dukung Disdukcapil DKI Jakarta Fasilitasi Komunitas Pemulung & Anak Jalanan
Sekjen MPR RI Apresiasi IKI Terbitkan Buku Risalah Pembentukan UU Kewarganegaraan
Begini Cara Kerja Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri

Copyright © 2016.Institut Kewarganegaraan Indonesia, Wisma 46, Lantai 14, Ruang 14-16, Kota BNI, Jl Jenderal Sudirman Kav. 1, Jakarta Pusat (10220).