Kita Satu, Kita Sama, Kita Setara, Satu Tujuan: Indonesia

Relawan IKI Siap Membantu Warga Kota Bogor

Relawan Institut Kewarganegaraan Indonesia (IKI) kota Bogor yang berasal dari berbagai perwakilan komunitas dan agama siap bersinergi dengan IKI dan Dinas Dukcapil untuk mempermudah warga kota Bogor mendapatkan akte kelahiran. Demikian dinyatakan salah satu relawan Vidi Puspita, Jumat (19/10/2019).

Ia bersama 13 orang relawan kota Bogor siap membantu masyarakat, setelah memperoleh masukan dari sejumlah peneliti IKI, Jumat (19/10/2019) di Kopi Soldadu Premium.

Paparan singkat tentang pentingnya akte kelahiran dan bagaimana persyaratan yang harus dipenuhi untuk dapat membuat akte kelahiran disampaikan oleh Swandy Sihotang dan Eddy Setiawan dari IKI.

Paparan tersebut pun membangun diskusi ringan antara IKI dan para relawan. Dalam diskusi terungkap mengenai minimnya informasi tentang pentingnya akte kelahiran. Bahkan masyarakat hanya punya KTP dan KK, tapi belum membuat akte kelahiran.

“Aku kena tipu 250ribu waktu bikin akte kelahiran. Dan sampe sekarang ga muncul juga wujud akte nya ” ucap relawan Bogor, Yenny Idris.

“ Aku mengajukan diri jadi relawan karena aku ga mau ada yang alami penipuan seperti aku lagi,” tegasnya.

Manfaat mempunyai akte kelahiran menjadi topik yang juga diajukan relawan. Karena menurut mereka saat seseorang mengetahui manfaat apa yang akan didapat, akan mempermudah mengajak masyarakat untuk mau membuat akte kelahiran.

Peneliti senior IKI Prasetyadji pun turut menyemangati para relawan kota Bogor dengan mengajak relawan kabupaten Bogor untuk berbagi pengalaman.

Relawan kabupaten Bogor yang sudah bertugas sejak 2016, setiap bulan dapat menyetorkan data dan menyerahkan sekitar 1000 data untuk pembuatan akte kelahiran kepada Disdukcapil Kabupaten Bogor. (IKI/Editor)

 

 

Add new comment

Plain text

  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <blockquote> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.
CAPTCHA
This question is for testing whether or not you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.
3 + 3 =
Solve this simple math problem and enter the result. E.g. for 1+3, enter 4.

Berita

Suasana perekaman KTP Elektronik di Blora pada masa pandemi
New Normal Perekaman KTP
Peneliti Senior Institut Kewarganegaraan Indonesia (IKI) Prasetyadji bersama Staf IKI Indah Widiyani, Risma Nuraini dan Yesaya sedang membantu pengisian berkas permohonan akta kelahiran bagi anak-anak Panti Asuhan Griya Asih, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, di Sekretariat IKI Wisma46 Lantai 14 Kota BNI, Jalan Jenderal Sudirman Kav 1 Jakarta, untuk diserahkan ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Propinsi DKI Jakarta. 4/2/2020.
Lahir dan Besar di Panti Asuhan
Sapto BW didampingi Sofian mewakili Dinas Dukcapil Propinsi DKI Jakarta menyerahkan akta kelahiran warga pemulung kepada Peneliti IKI Swandy Sihotang didamping Prasetyadji, di Jakarta 28/1/2020.
IKI Dukung Disdukcapil DKI Jakarta Fasilitasi Komunitas Pemulung & Anak Jalanan
Sekjen MPR RI Apresiasi IKI Terbitkan Buku Risalah Pembentukan UU Kewarganegaraan
Begini Cara Kerja Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri

Copyright © 2016.Institut Kewarganegaraan Indonesia, Wisma 46, Lantai 14, Ruang 14-16, Kota BNI, Jl Jenderal Sudirman Kav. 1, Jakarta Pusat (10220).