Kita Satu, Kita Sama, Kita Setara, Satu Tujuan: Indonesia

Relawan IKI: Kami Bahagia Bisa Membantu Warga Memperoleh Akta Kelahiran

relawan IKI saat di Sepatan Timur

Rona bahagia terpancar dari wajah warga Sepatan Timur dan sekitarnya yang pada Kamis (30/6) memperoleh akta kelahiran yang dibagikan Ketua IKI Drs Saifullah Mashum, M.Si disaksikan Anggota DPR RI Dra Siti Masrifah yang juga merupakan perwakilan rakyat dari daerah Tangerang Raya (Tangerang Selatan, Kota Tangerang, dan Kabupaten Tangerang). Tidak hanya warga, namun juga para relawan IKI yang terdiri dari beragam latar belakang agama dan suku juga tampak bersemangat dan ceria.

Aurellia Kusuma, salah satu relawan mengungkapkan bahwa ia bersama kawan-kawan relawan merasakan kebahagiaan karena dapat membantu masyarakat yang membutuhkan, sebab dari curhat warga jelas bahwa mereka sebetulnya sejak lama ingin memperoleh akta kelahiran, namun kendala birokrasi dan biaya menghadang keinginan tersebut. "Kami ikut bahagia melihat reaksi mereka saat menerima akta kelahiran, sesuatu yang tidak bisa dilukiskan kata-kata" ujarnya.

Ridwan, koordinator Relawan IKI di Kabupaten Tangerang mengungkapkan pada acara Pembagian Akta Kelahiran bagi Warga Kurang Mampu di Sepatan Timur dan sekitarnya bahwa total Akta Kelahiran yang sudah berhasil di urus Relawan IKI adalah sebanyak 579 Akta Kelahiran bulan ini, dan berharap semoga ke depan dapat membantu lebih banyak lagi. "Kami banyak mendapat pandangan sinis dari warga selama ini, karena adanya trauma dari warga terhadap para calo, tapi pada kesempatan ini di depan Ketua IKI Drs Saifullah Mashum, M.Si dan Ibu Anggota DPR RI Dra Siti Masrifah kami tegaskan bahwa relawan IKI bukan calo, warga yang mengurus dijamin tidak dipungut biaya apapun" Tegasnya disambut tepuk tangan warga yang hadir.

Kegiatan Pembagian Akta Kelahiran yang diselenggarakan oleh Institut Kewarganegaraan Indonesia ini dilaksanakan di rumah salah seorang sesepuh kampung Sepatan yaitu Bapak Ang Williang, yang juga sangat antusias untuk turut mendukung agar warga di sekitar dapat segera memiliki akta kelahiran. Pengurus IKI yang diwakili Saifullah Mashum pada kesempatan tersebut berpesan agar warga yang telah memperoleh akta kelahiran menyiarkan, meyakinkan saudara, tetangga, paman, ponakan, dan semua yang dikenal agar tidak ragu-ragu mengurus akta kelahiran. "Bapak Ibu tidak perlu takut, ada Relawan IKI yang siap membantu. Tolong ini disiarkan seluas-luasnya agar seluruh warga Kabupaten Tangerang nantinya memiliki akta kelahiran yang sangat penting bagi kita semua." Pungkasnya. @esa

Add new comment

Plain text

  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <blockquote> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.
CAPTCHA
This question is for testing whether or not you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.
4 + 10 =
Solve this simple math problem and enter the result. E.g. for 1+3, enter 4.

Berita

Suasana perekaman KTP Elektronik di Blora pada masa pandemi
New Normal Perekaman KTP
Peneliti Senior Institut Kewarganegaraan Indonesia (IKI) Prasetyadji bersama Staf IKI Indah Widiyani, Risma Nuraini dan Yesaya sedang membantu pengisian berkas permohonan akta kelahiran bagi anak-anak Panti Asuhan Griya Asih, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, di Sekretariat IKI Wisma46 Lantai 14 Kota BNI, Jalan Jenderal Sudirman Kav 1 Jakarta, untuk diserahkan ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Propinsi DKI Jakarta. 4/2/2020.
Lahir dan Besar di Panti Asuhan
Sapto BW didampingi Sofian mewakili Dinas Dukcapil Propinsi DKI Jakarta menyerahkan akta kelahiran warga pemulung kepada Peneliti IKI Swandy Sihotang didamping Prasetyadji, di Jakarta 28/1/2020.
IKI Dukung Disdukcapil DKI Jakarta Fasilitasi Komunitas Pemulung & Anak Jalanan
Sekjen MPR RI Apresiasi IKI Terbitkan Buku Risalah Pembentukan UU Kewarganegaraan
Begini Cara Kerja Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri

Copyright © 2016.Institut Kewarganegaraan Indonesia, Wisma 46, Lantai 14, Ruang 14-16, Kota BNI, Jl Jenderal Sudirman Kav. 1, Jakarta Pusat (10220).