Kita Satu, Kita Sama, Kita Setara, Satu Tujuan: Indonesia

Relawan IKI Bandung Barat Sosialisasikan Pentingnya Adminduk di Komunitas Majelis Taklim

Relawan IKI KBB dipimpin Irfan Ramli Memberikan Penjelasan di depan Majelis Taklim

Dalam rangka memberikan edukasi dan meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai urgensi dan pentingnya administrasi kependudukan, kembali Relawan IKI Kab. Bandung Barat melaksanakan sosialisai kepada masyarakat dan kali ini menggunakan metode sosialisasi berbasis komunitas dan kelompok masyarakat.

Dalam pelaksanaan sosialisasi yang dilaksanakan hari rabu tanggal 13 maret 2019, relawan IKI Kab. Bandung Barat yang dipimpin oleh Sahabat  Irfan M. Ramli menyasar kelompok masyarakat berbasis agama dalam hal ini adalah Ibu – ibu majlis ta’lim dan pengajian. Sosilasisai pertama diadakan di Majlis Ta’lim Nurul Falah Kampung Cipetir Desa Pasirpogor Kecamatan Sindangkerta pimpinan Ustadz Dede. Jemaah yang hadir berjumlah 50 orang dan Pondok Pesantren Nurul  Inayah Kp. Bojongloa Desa Pasirpogor Pimpinan Kiyai Iim Abdul Karim yang juga menjabat sebagai ketua Tanfidziyah MWC NU Kec. Sindangkerta yang dihadiri 74 orang.

Pada kegiatan ini didapatkan bahwa  sebagian besar kendala masyarakat dalam pengurusan adminduk adalah kurangnya pemahaman mengenai alur, persyaratan, dan metode dalam pengurusan administrasi kependudukan. Selain itu kesadaran masyarakat mengenai pentingnya kepemilikan administrasi kependudukan masih kurang, sehingga ada sebagian masyarakat yang merasa tidak perlu memiliki administrasi kependudukan.

Tanggapan masyarakat yang hadir sangat baik, salah satu warga yang hadir saat kami mintai keterangan menyambut baik dan berterima kasih kepada IKI telah memberikan penjelasan dan pemahaman mengenai pentingnya administrasi kependudukan dan siap untuk meneruskan informasi yang dia terima untuk disebarkan di sekitar tempat tinggalnya.

Kiyai Iim saat kami temui berkata bahwa sangatlah penting dan mengapresiasi kepada relawan IkI yang telah ikut membantu menyukseskan program pemerintah mengenai administrasi kependudukan, serta memberikan nasehat kepada relawan agar terus menerus mengisi ruang – ruang kosong dalam memberikan manfaat dan edukasi kepada masyarakat khususnya mengenai kependudukan.

Ketua IKI Kab. Bandung Barat Sahabat Irfan M. Ramli mengatakan bahwa Iki akan terus menerus ikut serta membantu pemerintah mengenai adminsitrasi kependudukan, serta akan terus berusaha memberikan manfaat kepada masyarakat agar tidak ada lagi masyarakat yang tidak mempunyai administrasi kependudukan. (Bill.Rush)

Add new comment

Plain text

  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <blockquote> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.
CAPTCHA
This question is for testing whether or not you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.
1 + 11 =
Solve this simple math problem and enter the result. E.g. for 1+3, enter 4.