Kita Satu, Kita Sama, Kita Setara, Satu Tujuan: Indonesia

Pelatihan Adminduk Relawan IKI Kab. Serang

Suasana pelatihan relawan Kab. Serang

Pengetahuan dan keterampilan di bidang Administrasi Kependudukan adalah salah satu hal penting yang harus dimiliki para relawan IKI. Oleh karena itu, pada Senin, tanggal 31 Juli 2019 bertempat di Hotel Flamengo Kab. Serang, Institut Kewarganegaraan Indonesia (IKI) bekerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kab. Serang, mengadakan Pelatihan kepada Tim Relawan IKI Kab. Serang.

Pelatihan ini menjadi sangat penting, untuk memberikan penguatan dan pengetahuan kepada Tim Relawan dalam mensosialisasikan pentingnya dokumen kependudukan, bagaimana persyaratan dan pengurusannya. Dalam sambutannya, Saifullah Ma’shum Ketua III IKI, menyatakan bahwa IKI mendapatkan mandat dari Dirjend Kependudukan dan Pencatatan Sipil untuk membantu dan mendampingi daerah-daerah di Indonesia yang capaian kepemilikan Akta Kelahiran Penduduknya masih rendah, dan salah satu daerah tersebut adalah daerah Banten. Oleh karena itu, posisi Tim Relawan menjadi sangat penting dalam meningkatkan capaian peningkatan akta kelahiran dan dokumen-dokumen kependudukan lainnya.

Sekaitan dengan hal tersebut, Kepala Dinas Kepedudukan dan Pencatatan Sipil Kab. Serang Bapak Asep Saefudin menyatakan dalam sambutannya, bahwa kabupaten Serang memiliki penduduk sebanyak 1.419.657 orang dan tersebar di daerah Kabupaten Serang yang cukup luas. Dengan SDM di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang sangat minim, maka tugas yang diemban menjadi sangat berat.

Sampai saat ini, akta kelahiran anak yang sudah diterbitkan oleh Dispendukcapil baru mencapai 55% dengan target yang diberikan oleh pusat harus mencapai 85% akhir tahun ini. Target yang diberikan oleh Pemerintah Pusat ini dirasa terlalu berat dengan pertimbangan jumlah penduduk, luas daerah dibandingkan dengan jumlah SDM dan fasilitas yang ada pada Dispendukcapil.

Namun, pemerintah daerah tidak akan menyerah, strategi yang dimaksimalkan adalah dengan meningkatkan kemampuan SDM Petugas dan membina kerjasama dengan berbagai instansi maupun lembaga seperti Institut Kewarganegaraan Indonesia. Oleh karena itu, Pemerintah Daerah Kabupaten Serang, berharap bahwa kerjasama ini akan menghasilkan yang terbaik bagi terwujudnya tertib adminiistrasi kependudukan di Kabupaten Serang.

Dalam sesi tanya jawab dengan Narasumber Dispendukcapil bapak Witarsono Kepala Bidang Pendaftaran Penduduk, peserta banyak menanyakan mengenai kasus-kasus yang dihadapi di lapangan, seperti, data yang tidak ditemukan di database SIAK, data ganda, kelengkapan persyaratan dan lain-lain.

Persoalan-persoalan yang muncul dalam pengalaman selama ini oleh Tim Relawan, dijawab dengan baik oleh pihak Dispendukcapil, termasuk didalamnya kemudahan saat ini dalam pendaftaran online. Bapak TB Sudrajat memaparkan dan mensimulasikan tatacara pendaftaran online berbasis web, yang memudahkan penduduk untuk mendaftar untuk mendapatkan dokumen kependudukannya. Terobosan ini sangat akan membantu penduduk dari sisi waktu dan biaya dalam pengurusan dokumennya.

Dalam Pelatihan yang dimoderatori Swandy Sihotang dari IKI ini, hadir pula Bapak Heru Prasetyo dan Ibu Endah Yuni T, yang mempresentasikan system pengolahan data pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Dari IKI, hadir juga Eddy Setiawan, peneliti bidang Kewarganegaraan. (SS)

 

Add new comment

Plain text

  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <blockquote> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.
CAPTCHA
This question is for testing whether or not you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.
7 + 0 =
Solve this simple math problem and enter the result. E.g. for 1+3, enter 4.

Berita

Suasana perekaman KTP Elektronik di Blora pada masa pandemi
New Normal Perekaman KTP
Peneliti Senior Institut Kewarganegaraan Indonesia (IKI) Prasetyadji bersama Staf IKI Indah Widiyani, Risma Nuraini dan Yesaya sedang membantu pengisian berkas permohonan akta kelahiran bagi anak-anak Panti Asuhan Griya Asih, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, di Sekretariat IKI Wisma46 Lantai 14 Kota BNI, Jalan Jenderal Sudirman Kav 1 Jakarta, untuk diserahkan ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Propinsi DKI Jakarta. 4/2/2020.
Lahir dan Besar di Panti Asuhan
Sapto BW didampingi Sofian mewakili Dinas Dukcapil Propinsi DKI Jakarta menyerahkan akta kelahiran warga pemulung kepada Peneliti IKI Swandy Sihotang didamping Prasetyadji, di Jakarta 28/1/2020.
IKI Dukung Disdukcapil DKI Jakarta Fasilitasi Komunitas Pemulung & Anak Jalanan
Sekjen MPR RI Apresiasi IKI Terbitkan Buku Risalah Pembentukan UU Kewarganegaraan
Begini Cara Kerja Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri

Copyright © 2016.Institut Kewarganegaraan Indonesia, Wisma 46, Lantai 14, Ruang 14-16, Kota BNI, Jl Jenderal Sudirman Kav. 1, Jakarta Pusat (10220).