Kita Satu, Kita Sama, Kita Setara, Satu Tujuan: Indonesia

Konsolidasi Relawan IKI dan Silaturahmi dengan Disdukcapil Kota Cilegon

Kamis, 26 Juli 2018 IKI melakukan pertemuan konsolidasi bersama relawan kota Cilegon yang baru terbentuk. Ini adalah upaya ke dua IKI dalam membentuk tim relawan di cilegon. Sebelumnya pada 2015 pernah diupayakan tetapi masih belum berhasil. Pada kesempatan kali ini (2018) berhasil terhimpun 11 orang relawan yang semuanya pemuda dan berlatar belakang mahasiswa juga salah satunya seorang guru.

Proses rekrutmen relawan Cilegon diawali dengan komunikasi yang dibangun staf media IKI, Eko Nugroho dengan seorang aktivis Pengurus ormas Jaringan Kemandirian Nasional (Jaman) Cilegon, bung Iswanto. Kemudian Iswanto berhasil mengajak 3 orang kawan aktifis pemuda dan mahasiswa yang berdomisili di Merak Cilegon untuk mengikuti pelatihan relawan gabungan yang diselenggarakan oleh IKI di wilayah Serang di awal Juli 2018. Dari 4 orang relawan itu lalu berhasil menghimpun hingga 10 relawan.

Dalam rangka mendorong semangat dan memantapkan komitmen kerja relawan maka pada Kamis, 26 Juli 2018 IKI memfasilitasi para relawan untuk konsolidasi dan menjembatani komunikasi antara relawan dengan dinas kependudukan dan pencatatan sipil Kota Cilegon. Acara konsolidasi dikemas dalam suasana santai makan siang bersama dan ramah tamah di Saung Edi Cilegon. Konsolidasi dipandu oleh Eddy Setiawan (peneliti senior IKI), diawali dengan penjelasan latar belakang berdirinya IKI, Visi dan Misi IKI dan memotivasi relawan tentang pentingnya peran relawan dalam membantu masyarakat untuk mendapatkan pelayanan pembuatan akta kelahiran secara mudah dan gratis. Selanjutnya penjelasan dan diskusi tentang teknis kerja dan pola koordinasi relawan dipandu oleh Eko Nugroho.

Acara konsolidasi kemudian dilanjutkan dengan kunjungan IKI bersama relawan ke Kantor Disdukcapil kota Cilegon untuk bersilaturahmi dan berkenalan dengan Pejabat Disdukcapil. IKI dan para relawan mendapat sambutan hangat dari Bapak H. Duski Kasim, SE, MM. Kepala Bidang Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan (PDIP) dan oleh Bapak Yaya Samdia, SH. Kabid Pelayanan Pencatatan Sipil. Kedua pejabat tersebut mengapresiasi dan menyambut baik keberadaan relawan dan kehadiran IKI di Kota Cilegon.

Peneliti IKI, Eddy Setiawan menjelaskan kepada para pejabat Disdukcapil kota Cilegon tentang tujuan IKI yang ingin membantu percepatan cakupan kepemilikan akta kelahuiran di kota Cilegon. Dan kedepannnya mengharapkan kerjasama yang lebih luas untuk pengembangan inovasi pelayanan Adminduk. Kabid Pelayanan Capil Kota Cilegon, Yaya Samdia sangat senang menerima tawaran kerjasama dari IKI tersebut. Beliau bahkan ternyata sudah pernah mendengar salah satu karya Inovasi IKI yaitu berupa pengembangan aplikasi Android untuk pelayanan online pembuatan Akta Kelahiran yang telah diluncurkan di Kabupaten Lebak.

Kabid Pelayanan Capil Cilegon sangat tertarik dan berminat uuntuk menerapkan teknologi tersebut untuk melengkapi fasilitas pelayanan Capil di kota Cilegon. Beliau mengharapkan IKI untuk bisa mempresentasikan konsep pelayanan online berbasis teknologi android tersebut pada kesempatan pertemuan berikutnya. Bagi IKI tentu permintaan tersebut menjadi kabar gembira karena ternyata Inovasi yang telah dirintis IKI bersama Disdukcapil Kab. Lebak telah mulai dikenal di propinsi Banten dan mendapat respon yang positif.

Dengan perkembangan dan respon positif tersebut maka selanjutnya IKI berkomitmen untuk membangun kerjasama dengan Disdukcapil kota Cilegon. Dengan adanya kesepahaman sementara tersebut maka agenda pertemuan sore itu pun diakhiri. Agenda Silaturahmi ditutup dengan Foto bersama dan penyerahan buku laporan tahunan dan brosur IKI kepada Kabid PDIP Disdukcapil Cilegon. (EN)

Add new comment

Plain text

  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <blockquote> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.
CAPTCHA
This question is for testing whether or not you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.
6 + 7 =
Solve this simple math problem and enter the result. E.g. for 1+3, enter 4.

Berita

Suasana perekaman KTP Elektronik di Blora pada masa pandemi
New Normal Perekaman KTP
Peneliti Senior Institut Kewarganegaraan Indonesia (IKI) Prasetyadji bersama Staf IKI Indah Widiyani, Risma Nuraini dan Yesaya sedang membantu pengisian berkas permohonan akta kelahiran bagi anak-anak Panti Asuhan Griya Asih, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, di Sekretariat IKI Wisma46 Lantai 14 Kota BNI, Jalan Jenderal Sudirman Kav 1 Jakarta, untuk diserahkan ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Propinsi DKI Jakarta. 4/2/2020.
Lahir dan Besar di Panti Asuhan
Sapto BW didampingi Sofian mewakili Dinas Dukcapil Propinsi DKI Jakarta menyerahkan akta kelahiran warga pemulung kepada Peneliti IKI Swandy Sihotang didamping Prasetyadji, di Jakarta 28/1/2020.
IKI Dukung Disdukcapil DKI Jakarta Fasilitasi Komunitas Pemulung & Anak Jalanan
Sekjen MPR RI Apresiasi IKI Terbitkan Buku Risalah Pembentukan UU Kewarganegaraan
Begini Cara Kerja Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri

Copyright © 2016.Institut Kewarganegaraan Indonesia, Wisma 46, Lantai 14, Ruang 14-16, Kota BNI, Jl Jenderal Sudirman Kav. 1, Jakarta Pusat (10220).