Kita Satu, Kita Sama, Kita Setara, Satu Tujuan: Indonesia

Kemendagri: Di 2016 Tidak Ada Alasan Blanko Kosong, e-KTP Paling Lama 14 Hari Jadi

Jakarta - Kemendagri memastikan tidak ada alasan blanko kosong dalam pembuatan e-KTP. Sejak awal 2016, setiap hari blanko selalu tersedia. Dipastikan bila ada kelurahan atau kecamatan, atau kabupaten yang beralasan blanko kosong sehingga mesti berbulan-bulan membuat e-KTP, petugas di wilayah itu yang bermasalah.

"Setiap kabupaten yang blankonya habis, dia akan langsung ambil kesini. Kalo ada yang bermasalah, itu berarti masalah internal di sana. Secara umum blanko tidak ada masalah," jelas Sesditjen Dukcapil Kemendagri I Gede Suratha di kantornya di Pasarminggu, Jaksel kepada detikcom, Selasa (23/8) malam.

Biasanya memang ada petugas yang ngeles males mengambil blanko. Kelurahan dan kecamatan itu mengambil blanko ke kabupaten di Disdukcapil. Dan Disdukcapil mengambil blanko ke Dukcapil pusat. Tinggal petugas di daerah apakah memang niat kerja untuk melayani warga atau tidak menyegerakan mengambil blanko untuk e-KTP.

"Tahun 2016 Blanko itu ada terus," tegas dia.

Karena blanko selalu tersedia, pembuatan e-KTP dipastikan bisa 14 hari ini estimasi terlama. Bahkan sebenarnya bila semua lengkap bisa hanya 1 hari saja.

"Ada di Kabupaten Sukabumi, dia itu kurang dari satu jam. Satu jam itu sejak data tersebut ditunggalkan. Proses penunggalan itu butuh waktu. Tapi antrean makin banyak ya makin lama. Tapu jarang yang melebihi satu hari. Proses tersebut tidak bisa diprediksi, tapi dalam waktu satu hari, bergantung dari traffic data," ujar dia.

Kemudian untuk persyaratan pembuatan e-KTP yang terpenting adalah kartu keluarga. Karena di KK ini semua data sudah ada.

"Yang pertama dari regulasi, persyaratan yang tidak perlu dipangkas. Contohnya surat pengantar RT RW kan butuh waktu, makanya dipangkas. Kedua, dari sisi sarana prasarana. Mendorong daerah untuk 'menjemput bola', misalnya di daerah-daerah dibawakan alatnya langsung. Negara wajib memberikan identitas, jadi negara yang menjemput. KTP bisa diantar ke rumah. Ketiga, masalah pendanaan. Tadinya dari APBN, sekarang ada peraturan dalam negeri yang memungkinkan APBD bisa dipakai untuk membiayai pelaksanaan pelayanan kependudukan," tutup dia. (dra/dra)

_________________________

Berita ini telah dibuat di  detikNews, Rabu 24 Aug 2016, 10:33 WIB dengan judul:  Kemendagri: Di 2016 Tidak Ada Alasan Blanko Kosong, e-KTP Paling Lama 14 Hari Jadi
 

 

Add new comment

Plain text

  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <blockquote> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.
CAPTCHA
This question is for testing whether or not you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.
5 + 10 =
Solve this simple math problem and enter the result. E.g. for 1+3, enter 4.

Berita

Suasana perekaman KTP Elektronik di Blora pada masa pandemi
New Normal Perekaman KTP
Peneliti Senior Institut Kewarganegaraan Indonesia (IKI) Prasetyadji bersama Staf IKI Indah Widiyani, Risma Nuraini dan Yesaya sedang membantu pengisian berkas permohonan akta kelahiran bagi anak-anak Panti Asuhan Griya Asih, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, di Sekretariat IKI Wisma46 Lantai 14 Kota BNI, Jalan Jenderal Sudirman Kav 1 Jakarta, untuk diserahkan ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Propinsi DKI Jakarta. 4/2/2020.
Lahir dan Besar di Panti Asuhan
Sapto BW didampingi Sofian mewakili Dinas Dukcapil Propinsi DKI Jakarta menyerahkan akta kelahiran warga pemulung kepada Peneliti IKI Swandy Sihotang didamping Prasetyadji, di Jakarta 28/1/2020.
IKI Dukung Disdukcapil DKI Jakarta Fasilitasi Komunitas Pemulung & Anak Jalanan
Sekjen MPR RI Apresiasi IKI Terbitkan Buku Risalah Pembentukan UU Kewarganegaraan
Begini Cara Kerja Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri

Copyright © 2016.Institut Kewarganegaraan Indonesia, Wisma 46, Lantai 14, Ruang 14-16, Kota BNI, Jl Jenderal Sudirman Kav. 1, Jakarta Pusat (10220).