Kita Satu, Kita Sama, Kita Setara, Satu Tujuan: Indonesia

IKI Serahkan 388 Akta Lahir kepada Warga Kedaung Barat

Terik matahari di Kedaung Barat, Kecamatan Sepatan Timur, Kabupaten Tangerang, tidak menyurutkan kehadiran para Relawan IKI dan warga Cinbeng (Cina Benteng) dari berbagai penjuru Kabupaten tangerang untuk berkumpul dalam acara penyerahan akte lahir kepada warga miskin Tangerang.

Dalam penyerahan akte lahir tersebut, Albertus Pratomo Tommy, Sekretaris Institut Kewarganegaraan Indonesia (IKI), menegaskan sekaligus memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Tangerang dan Relawan IKI yang telah bekerja keras untuk memenuhi hak warga negara orang miskin di Tangerang secara gratis dalam kepemilikan dokumen kependudukan mereka.

Dokumen Kependudukan ini sangat penting bagi negara untuk mengetahui komposisi dan database penduduk.

"Bagi penduduk dokumen ini penting sebagai identitas dan hak mendapatkan pelayanan publik dari pemerintah," kata Tommy, dalam siaran pers yang diterima Radio Republik Indonesia, Kamis (19/1/2017). 

Sampai saat, ini IKI sudah menfasilitasi 6.024 akte warga miskin di Kabupaten Tangerang, dan saat ini sedang dibagikan 388 akte lahir di Kedaung Barat, bertempat di kediaman Bapak William Ang sesepuh masyarakat CibBeng Kedaung.

Menurut Ketua IKI, Kiai Saifullah Ma'shum, Pemerintah Kabupaten Tangerang melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) memberikan kesempatan yang luas kepada IKI dalam kerja sama membantu pemerintah dalam pemenuhan kepemilikan akte lahir dan dokumen kependudukan lainnya.

Ketua RT setempat, Bapak Budi, menyambut dan sangat berterima kasih kepada IKI karena sudah turun tangan langsung sampai ke pelosok-pelosok Kabupaten Tangerang

"Kami sangat mengapresiasi para Relawan IKI yang telah bersusah-payah mengumpulkan berkas-berkas dari penduduk, memverifikasi, mengantar ke Kanyor Dispendukcapil, dan kemudian menyerahkan kembali ke penduduk tanpa memungut biaya dari penduduk," ungkap Budi. (Rell/HF/DS)
 

___________________

Sumber:

http://www.rri.co.id/post/berita/351172/ruang_publik/iki_serahkan_388_ak...

Add new comment

Plain text

  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <blockquote> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.
CAPTCHA
This question is for testing whether or not you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.
6 + 13 =
Solve this simple math problem and enter the result. E.g. for 1+3, enter 4.

Berita

Suasana perekaman KTP Elektronik di Blora pada masa pandemi
New Normal Perekaman KTP
Peneliti Senior Institut Kewarganegaraan Indonesia (IKI) Prasetyadji bersama Staf IKI Indah Widiyani, Risma Nuraini dan Yesaya sedang membantu pengisian berkas permohonan akta kelahiran bagi anak-anak Panti Asuhan Griya Asih, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, di Sekretariat IKI Wisma46 Lantai 14 Kota BNI, Jalan Jenderal Sudirman Kav 1 Jakarta, untuk diserahkan ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Propinsi DKI Jakarta. 4/2/2020.
Lahir dan Besar di Panti Asuhan
Sapto BW didampingi Sofian mewakili Dinas Dukcapil Propinsi DKI Jakarta menyerahkan akta kelahiran warga pemulung kepada Peneliti IKI Swandy Sihotang didamping Prasetyadji, di Jakarta 28/1/2020.
IKI Dukung Disdukcapil DKI Jakarta Fasilitasi Komunitas Pemulung & Anak Jalanan
Sekjen MPR RI Apresiasi IKI Terbitkan Buku Risalah Pembentukan UU Kewarganegaraan
Begini Cara Kerja Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri

Copyright © 2016.Institut Kewarganegaraan Indonesia, Wisma 46, Lantai 14, Ruang 14-16, Kota BNI, Jl Jenderal Sudirman Kav. 1, Jakarta Pusat (10220).