Kita Satu, Kita Sama, Kita Setara, Satu Tujuan: Indonesia

IKI Membangun Kesepakatan dengan Bupati Serang & Membentuk Jaringan Relawan Lebak

Jumat, 23 Desember 2016, perwakilan Institut Kewarganegaraan Indonesia (IKI) beserta relawan IKI bertandang ke kantor pemerintahan kabupaten Serang. Pada kesempatan itu perwakilan iki yang hadir antara lain Saifullah Ma'shum (Ketua III) dan tiga orang peneliti senior IKI, Prasetyadji, Eddy Setiawan, Swandy Sihotang, serta sejumlah Relawan Kabupaten Serang disertai kru DAAI TV diterima langsung oleh Wakil Bupati Serang, Panji Tirtayasa.

Menurut penjelasan Wabup. Serang mengawali pertemuan itu, pelaksanaan pelayanan publik di bidang Adminduk di Kab. Serang berjalan baik dan dipermudah. Masyarakat antusias mengurus dokumen kependudukan, serta sudah ada penegasan agar tidak ada pungutan liar.

Akan tetapi penjelasan Wabup tersebut kemudian diklarifikasi  oleh Relawan, berdasarkan pengalaman di lapangan bahwa ditemui beberapa persoalan,diantaranya; warga banyak menghadapi kesulitan seperti adanya keharusan menyertakan ijasah untuk mengurus akta kelahiran dan masih ada kutipan oleh oknum di kelurahan. Untuk yang tidak sekolah, diharuskan juga membuat surat keterangan tidak pernah sekolah dari Kepala Sekolah setempat hingga Kepala Dinas Pendidikan.Tim Relawan juga menjelaskan, penduduk terlalu jauh ke Kantor Disdukcapil, khususnya penduduk yang bertempat tinggal di pinggiran Kabupaten.

Merespon laporan para relawan tersebut, Wabup seketika menelepon Kadisdukcapil meminta penjelasan terkait hal itu. Menurut Kadis kini persyaratan ijazah sudah tidak diperlukan lagi dan kekurangan lain dapat diganti dengan SPTJM.

Disamping menyampaikan berbagai kendala yang dihadapi masyarakat, IKI juga mengusulkan rencana kerjasama untuk pembentukan relawan yang akan membantu pengurursan berbagai dokumen kependudukan dan pencatatan sipil. Wabup menyambut baik usulan kerjasama dari IKI dan meminta utk diatur waktu mengadakan rapat koordinasi dengan Dukcapil.

Untuk saat ini Relawan IKI di Serang hanya berjumlah 6 orang. Jumlah ini perlu ditingkatkan dan disebar cakupan kerjanya di sejumlah kecamatan di seluruh Kab. Serang. Selanjutnya dalam waktu dekat Tim IKI akan rapat koordinasi dengan Dukcapil dan relawan sekaligus peningkatan kapasitas para relawan, dan jika diperlukan untuk petugas Dukcapil.

Relawan Serang berkomitmen setiap bulan menyelesaikan 1.000 akta kelahiran. Draf MoU dari IKI akan dipelajari Wabup, untuk nantinya diformalkan. Audiensi yang berlangsung selama 1 jam ini (15.00-16.00 WIB) menghasilkan kesepakatan yang akan bermanfaat bagi warga Serang. 

Selesai audiensi Tim IKI, kemudian menemui 2 orang calon Relawan dari Kabupaten Lebak, terkait pembentukan Relawan Kab. Lebak. Tim Relawan Lebak akan terdiri dari 3 orang, yaitu Pak Husen, Pak Dadang dan Ibu Solsiah. Ibu Solsiah berhalangan hadir dalam pertemuan tersebut.

Beberapa point dalam pertemuan yaitu: 1. Terbentuk Tim Relawan IKI untuk Kab. Lebak; 2. Segera dibuat draft  MoU & permohonan Audiensi ke Bupati Lebak; 3. Diagendakan pertemuan sekaligus training Tim Relawan Lebak, Januari 2017. 4. Kordinator Relawan Kab. Lebak adalah Bapak Husen 081910950114. (IKI/ESA/Red)

 

Add new comment

Plain text

  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <blockquote> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.
CAPTCHA
This question is for testing whether or not you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.
9 + 6 =
Solve this simple math problem and enter the result. E.g. for 1+3, enter 4.

Berita

Suasana perekaman KTP Elektronik di Blora pada masa pandemi
New Normal Perekaman KTP
Peneliti Senior Institut Kewarganegaraan Indonesia (IKI) Prasetyadji bersama Staf IKI Indah Widiyani, Risma Nuraini dan Yesaya sedang membantu pengisian berkas permohonan akta kelahiran bagi anak-anak Panti Asuhan Griya Asih, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, di Sekretariat IKI Wisma46 Lantai 14 Kota BNI, Jalan Jenderal Sudirman Kav 1 Jakarta, untuk diserahkan ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Propinsi DKI Jakarta. 4/2/2020.
Lahir dan Besar di Panti Asuhan
Sapto BW didampingi Sofian mewakili Dinas Dukcapil Propinsi DKI Jakarta menyerahkan akta kelahiran warga pemulung kepada Peneliti IKI Swandy Sihotang didamping Prasetyadji, di Jakarta 28/1/2020.
IKI Dukung Disdukcapil DKI Jakarta Fasilitasi Komunitas Pemulung & Anak Jalanan
Sekjen MPR RI Apresiasi IKI Terbitkan Buku Risalah Pembentukan UU Kewarganegaraan
Begini Cara Kerja Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri

Copyright © 2016.Institut Kewarganegaraan Indonesia, Wisma 46, Lantai 14, Ruang 14-16, Kota BNI, Jl Jenderal Sudirman Kav. 1, Jakarta Pusat (10220).