Kita Satu, Kita Sama, Kita Setara, Satu Tujuan: Indonesia

IKI BERSAMA DISDUKCAPIL KAB. BANDUNG BARAT JEMPUT BOLA MELAYANI WARGA

Para relawan IKI melayani warga desa dalam pembuatan akta kelahiran

Rabu 06/02/19 Relawan Institut Kewarganegaraan Indonesia (IKI) KBB dan  DISDUKCAPIL Kab. Bandung Barat melaksanakan pelayanan keliling pencetakan Akte Kelahiran dan Perekaman KTP-El di Desa Kertajaya Kecamatan Padalarang

Kegiatan yang diselenggarakan di Desa Kertajaya, Kec. Padalarang ini dimaksudkan untuk memberikan pelayanan yang lebih maksimal dan mengedukasi warga mengenai pentingnya administrasi kependudukan dan proses pengajuan juga pencetakan adminduk. Mengingat wilayah Kab. Bandung Barat yang terdiri dari 16 Kecamatan cukup luas sehingga metode pelayanan keliling seperti ini sangat membantu dan mempermudah masyarakat dalam pembuatan administrasi kependudukan.

Kegiatan pelayanan keliling ini merupakan implementasi dari UU Stelsel aktif kependudukan, yang berarti pemerintah daerah, dalam hal ini DISDUKCAPIL bergerak turun ke lapangan guna menjemput masyarakat yang hendak membuat administrasi kependudukan berupa KTP, Akte Kelahiran dll.

Pelayanan Keliling tersebut merupakan pelayanan keliling pertamakali yang dilaksanakan oleh relawan IKI KBB bekerjasama dengan DISDUKCAPIL KBB, Bpk Wahyu Diguna selaku kepala DISDUKCAPIL KBB mengaku senang dan merasa sangat terbantu dengan adanya Relawan IKI di Kabupaten Bandung Barat, beliau berharap kegiatan pelayanan keliling ini tidak berhenti di Desa Kertajaya saja, kedepan IKI harus melakukan pelayanan keliling bahkan di Desa-desa yang erpencil yang berada di lingkungan Kab. Bandung Barat.

Begitupun dengan Bpk Fauzi Syamsul selaku Kepala Desa Kertajaya sangat berterimakasih atas terlaksananya pelayanan keliling di Desa yang beliau pimpin, karena menurut beliau meskipun jarak antara Desa Kertajaya dengan Kantor DISDUKCAPIL KBB tidak terlalu jauh, namun seringkali masyarakat merasa enggan untuk mengurus administrasi kependudukan secara mandiri entah itu dengan alasan harus antri lama, rumit dan sebagainya. Dengan dilaksanakannya pelayanan keliling seperti ini Pak Kades mengucapkan banyak terima kasih serta sangat mengapresiasi terhadap Keluarga Besar IKI dan segenap relawan yang dengan ikhlas membantu masyarakat dalam pembuatan administrasi kependudukan.

Irfan Muhammad  Ramli selaku Koordinator Relawan IKI Kab. Bandung Barat dalam wawancaranya menyampaikan ucapan terimakasih sebesar-besarnya kepada jajaran DISDUKCAPIL terutama kepada bapak Wahyu Diguna selaku KADISDUKCAPIL yang telah bersedia bekerjasama dalam penyelenggaraan pelayanan keliling tersebut, lanjut Sahabat Irfan mengatakan bahwa dalam kegiatan yanling kali ini Akte Kelahiran yang berhasil dicetak sebanyak 98 lembar, dan 35 warga yang melakukan perekaman, jumlah tersebut tidak begitu banyak dikarenakan terdapat gangguan jaringan sehingga proses pencetakan sedikit terhambat,  selain itu sebanyak 151 berkas pengajuan akte kelahiran berhasil dihimpun untuk selanjutnya dicetak di kantor DISDUKCAPIL dan didistribusikan kepada masyarakat di hari selanjutnya.

“antusiasme warga dalam pembuatan akte kelahiran dan KTP-El sangat luar biasa, terbukti meskipun cuaca hari ini diguyur hujan deras namun tidak menyurutkan animo masyarakat untuk datang dan mengurus akte kelahiran serta melakukan perekaman KTP. Sebanyak 22 personil yang terdiri dari Relawan dan jajaran Disdukcapil KBB bahu membahu demi memberikan pelayanan terbaik kepada warga yang datang” ujar Irfan saat ditemui di sela – sela kegiatan.

Salah satu warga bernama Ibu Maya yang datang untuk membuat akte kelahiran untuk putra sulungnya mengatakan bahwa pelayanan keliling seperti ini sangat mambantu dan dia mengucapkan banyak terima kasih kepada Relawan IKI juga DISDUKCAPIL KBB, dan besar harapan dia agar kegiatan ini berlangsung secara terus menerus sehingga semakin banyak warga yang terbantu. (Bill.Rush/Kontibutor IKI KBB)

Add new comment

Plain text

  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <blockquote> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.
CAPTCHA
This question is for testing whether or not you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.
8 + 11 =
Solve this simple math problem and enter the result. E.g. for 1+3, enter 4.

Berita

Suasana perekaman KTP Elektronik di Blora pada masa pandemi
New Normal Perekaman KTP
Peneliti Senior Institut Kewarganegaraan Indonesia (IKI) Prasetyadji bersama Staf IKI Indah Widiyani, Risma Nuraini dan Yesaya sedang membantu pengisian berkas permohonan akta kelahiran bagi anak-anak Panti Asuhan Griya Asih, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, di Sekretariat IKI Wisma46 Lantai 14 Kota BNI, Jalan Jenderal Sudirman Kav 1 Jakarta, untuk diserahkan ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Propinsi DKI Jakarta. 4/2/2020.
Lahir dan Besar di Panti Asuhan
Sapto BW didampingi Sofian mewakili Dinas Dukcapil Propinsi DKI Jakarta menyerahkan akta kelahiran warga pemulung kepada Peneliti IKI Swandy Sihotang didamping Prasetyadji, di Jakarta 28/1/2020.
IKI Dukung Disdukcapil DKI Jakarta Fasilitasi Komunitas Pemulung & Anak Jalanan
Sekjen MPR RI Apresiasi IKI Terbitkan Buku Risalah Pembentukan UU Kewarganegaraan
Begini Cara Kerja Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri

Copyright © 2016.Institut Kewarganegaraan Indonesia, Wisma 46, Lantai 14, Ruang 14-16, Kota BNI, Jl Jenderal Sudirman Kav. 1, Jakarta Pusat (10220).