Kita Satu, Kita Sama, Kita Setara, Satu Tujuan: Indonesia

IKI Bantu Proses 500 Akta Kelahiran Warga Desa Batu Tulis Kabupaten Bogor

Institut Kewarganegaraan Indonesia (IKI) bekerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bogor untuk kesekian kalinya mengadakan pelayanan keliling penerbitan akta kelahiran bagi warga di Kabupaten Bogor.

Kegiatan pelayanan keliling ini dihadiri pengurus IKI yang diwakili ketuanya, Drs KH Saifullah Mashum M.Si, didampingi peneliti utama IKI, Prasetyadji dan Swandy Sihotang serta sejumlah Relawan IKI dari Bogor

"Hal ini merupakan komitmen IKI dalam membantu warga masyarakat untuk pemenuhan dokumen kependudukannya, dan seluruh biaya denda keterlambatan yang per orang Rp 50.000 (lima puluh ribu rupiah) dibayar oleh IKI," ujar Prasettyadji, Senin (10/4/2017).

"IKI sudah 11 tahun ini membantu memfasilitasi masyarakat di berbagai daerah di Indonesia untuk memperoleh dokumen kependudukan," imbuhnya.

Kali ini, kegiatan pemberian akta kelahiran sehari jadi dilaksanakan di MTs Sabilil Muttaqin, Jalan Ace Tabrani Km 1, Kampung Panjaungan, Desa Batu Tulis, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor, dengan memproses sekitar 500 akta kelahiran.

Kasie Kelahiran Disdukcapil Kabupaten Bogor, Suparno, SH, MA mengatakan, dengan pelayanan keliling seperti ini, tidak ada lagi jasa calo-calo yang membebani masyarakat.

"Dengan adanya pelayanan ini masyarakat akan lebih efisien karerna tidak harus mengeluarkan uang transpor untuk datang ke kantor Disdukcapil di Cibinong," terangnya.

Menurut dia, dengan memiliki dokumen kependudukan, akta kelahiran, KTP dan KK, masyarakat dapat memperoleh berbagai fasilitas, seperti untuk mengurus BPJS, KIS, untuk sekolah, bekerja, mengurus warisan, dan berbagai keperluan lainnya. 

Ketua Institut Kewarganegaraan Indonesia, KH Saifullah Ma’shum, mengapresiasi kegiatan ini, dan berharap bisa pelayanan seperti ini bisa diterapkan di daerah-daerah lain di wilayah Kabupaten Bogor.

Menurut Kiai Saifullah Ma'shum, pihaknya berharap kerja sama ini bisa lebih melibatkan partisipasi dari aparat desa atau kelurahan dan kecamatan, sehingga pelayanan keliling ini dapat menjangkau masyarakat lebih banyak lagi.

"Mengingat antusiasme masyarakat yang membludak, kami mengharapkan Dinas Dukcapil Kabupaten Bogor dapat menambah stafnya, sehingga pelayanan keliling ini dapat ditingkatkan frekuensinya," tegasnya.

Seperti diketahui, dalam pelayanan keliling ini, Dinas Dukcapil Kabupaten Bogor membawa 10 orang staf. (HF/NGH)

_________________

Sumber:

http://www.rri.co.id/post/berita/380818/ruang_publik/institut_kewarganeg...

Add new comment

Plain text

  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <blockquote> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.
CAPTCHA
This question is for testing whether or not you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.
9 + 5 =
Solve this simple math problem and enter the result. E.g. for 1+3, enter 4.

Berita

Suasana perekaman KTP Elektronik di Blora pada masa pandemi
New Normal Perekaman KTP
Peneliti Senior Institut Kewarganegaraan Indonesia (IKI) Prasetyadji bersama Staf IKI Indah Widiyani, Risma Nuraini dan Yesaya sedang membantu pengisian berkas permohonan akta kelahiran bagi anak-anak Panti Asuhan Griya Asih, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, di Sekretariat IKI Wisma46 Lantai 14 Kota BNI, Jalan Jenderal Sudirman Kav 1 Jakarta, untuk diserahkan ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Propinsi DKI Jakarta. 4/2/2020.
Lahir dan Besar di Panti Asuhan
Sapto BW didampingi Sofian mewakili Dinas Dukcapil Propinsi DKI Jakarta menyerahkan akta kelahiran warga pemulung kepada Peneliti IKI Swandy Sihotang didamping Prasetyadji, di Jakarta 28/1/2020.
IKI Dukung Disdukcapil DKI Jakarta Fasilitasi Komunitas Pemulung & Anak Jalanan
Sekjen MPR RI Apresiasi IKI Terbitkan Buku Risalah Pembentukan UU Kewarganegaraan
Begini Cara Kerja Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri

Copyright © 2016.Institut Kewarganegaraan Indonesia, Wisma 46, Lantai 14, Ruang 14-16, Kota BNI, Jl Jenderal Sudirman Kav. 1, Jakarta Pusat (10220).