Kita Satu, Kita Sama, Kita Setara, Satu Tujuan: Indonesia

Aplikasi Pendaftaran Akta Kelahiran Online untuk Lebak

Suasana Peluncuran Aplikasi Pendaftaran Akta Kelahiran Disdukcapil Lebak

Dinas kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Lebak bersama Institut Kewarganegaraan Indonesia (IKI) meluncurkan program pendaftaran akta kelahiran online. Kebijakan tersebut dilakukan untuk memudahkan masyarakat dalam membuat akta kelahiran, karena dinilai lebih efektif dan efisien.

Ketua IKI Saifullah Ma’shum menyatakan, Lebak menjadi Pilot Project dalam pelayanan pendaftaran akta kelahiran yang diInisiasi IKI. Aplikasi pendaftaran akta kelahiran bisa diakses di Playstore. Untuk itu, kedepan masyarakat tidak harus datang dua kali ke kantor Disdukcapil ketika akan membuat akta kelahiran. Mereka cukup datang sekali ke Disdukcpil, yakni ketika mengambil akta kelahiran yang telah jadi. “Kita kerja sama dengan Disdukcapil untuk mempermudah pelayanan pembuatan akta kelahiran. Aplikasi ini sebenarnya sudah dimiliki Kementrian Dalam Negeri (kemendagri). Tapi, aplikasi pendaftaran akta kelahiran online yang dimiliki IKI lebih praktis dan mudah.“ kata Ma’shum kepada Radar Banten. Selasa (5/6)

Selama ini, IKI telah menjalin kerja sama dengan Disdukcapil dalam melayani pembuatan dokumen kependudukan. Bahkan, IKI proaktif melakukan sosialisasi program kepada masyarakat di 28 kecamatan supaya mereka datang ke kantor kecamatan atau Disdukcapil untuk pembuatan dokumen kependudukan. “Kerja sama dengan Disdukcapil Lebak berjalan dengan baik. Karena itu, kita prioritaskan menerapkan pelayanan pendaftaran online di Lebak. Jika berhasil, kita akan terapkan sistem serupa di kabupaten kota lain di Banten,” ungkapnya.

Ketua koordinator Relawan IKI kabupaten Lebak Mochamad Husen mengatakan, masyarakat akan dimanjakan dengan sistem pendaftaran pembuatan akta kelahiran online. Mereka tidak perlu datang ke Disdukcapil untuk membuat akta kelahiran, cukup melalui telepon seluler atau komputer dirumah. Tapi, aplikasi tersebut tidak meniadakan persyaratan yg harus dipenuhi oleh pemohon akta kelahiran. “semua persyaratan harus terpenuhi, jika terpenuhi maka permohonan pembuatan akta kelahiran akan ditolak. Tapi, pemohon (melalui fitur yang ada dalam aplikasi) akan diberi informasi apabila ada kekurangan persyaratan dan diminta untuk melengkapinya terlebih dahulu, sebelum permohonan disetujui” ungkapnya.

Husen berharap, kemudahan dalam pendaftaran dan pembuatan akta kelahiran dapat dimanfaatkan masyarakat. Ke depan, semua warga negara yang berusia 0-17 tahun harus memiliki akta kelahiran dan dokumen kependudukan lainnya. “Saya optimis, program yang diinisiasi IKI dapat meningkatkan jumlah pemohon akta kelahiran di Lebak. Terpenting, ke depan semua warga Lebak punya akta kelahiran,” tegasnya.

Kepala Disdukcapil Lebak Ujang Bahrudin mengapresiasi komitmen IKI dalam mendukung pelayanan pembuatan dokumen kependudukan di Lebak. Selama ini, IKI sudah banyak membantu Lebak dalam sosialisasi dan mobilisasi massa dalam pelayanan pembuatan dokumen kependudukan di wilayah kecamatan. Bahkan, IKI turun langsung untuk mengajak masyarakat buat KTP elektronik, akta kelahiran, kartu kematian, dan kartu keluarga.

Seperangkat komputer juga disumbangkan oleh IKI kepada tim ADB Disdukcapil Lebak untuk menunjang kelancaran system aplikasi online tersebut. IKI juga berencana ke depan akan terus mendampingi Disdukcapil Lebak dengan menyediakan sarana pelatihan customer service, system pengarsipan dan desain pelayanan publik yang lebih efektif dan efisien. (enr/editor)

Add new comment

Plain text

  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <blockquote> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.
CAPTCHA
This question is for testing whether or not you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.
11 + 5 =
Solve this simple math problem and enter the result. E.g. for 1+3, enter 4.