Kita Satu, Kita Sama, Kita Setara, Satu Tujuan: Indonesia

AKTA LAHIR UNTUK WARGA CINBEN KOTA TANGERANG

Hj Emma Rahmawati, M.Si, mewakili Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tangerang bersama Ketua Insitut Kewarganegaraan Indonesia Drs KH Saifullan Ma’shum M.Si, didampingi Peneliti IKI Swandy Sihotang, Eddy Setiawan, dan Prasetyadji, menyerahkan akta kelahiran kepada masyarakat CinBen Kota Tangerang, Rabu, 20 Desember 2017.
Jakarta: Bulan Desember di akhir tahun 2017, merupakan bulan bakti bagi Institut Kewarganegaraan Indonesia ( IKI ) dalam karya pengabdiannya.
 
Sampai dengan bulan Desember  2017 ini, Institut Kewarganegaraan Indonesia  bersama pemerintah daerah dan relawan setempat, seperti: Kabupaten Lebak, Kabupaten Bogor, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang Selatan, dan Kota Tangerang, telah memfasilitasi penerbitan akta kelahiran sebanyak 28.418 akta, sebagian diantaranya warga Cinben (China Benteng Kota Tangerang).
 
Rabu, 20 Desember 2017, Institut Kewarganegaraan Indonesia menyerahkan 374 akta kelahiran kepada warga CinBen (China Benteng) Kota Tangerang disaksikan oleh Pemerintah Kota Tangerang.
 
Tjheng Siang, Koordinator Relawan IKI Kota Tangerang mengatakan bahwa “bantuan IKI untuk membantu masyarakat mulai dari mendata, memverifikasi, menyerahkan berkas ke Dinas Dukcapil, membayar denda, sangat bermanfaat bagi kami”
 
Menurut Ketua Institut Kewarganegaraan Indonesia Drs KH Saifullah Ma’shum M.Si, “IKI dibentuk untuk mengawal pelaksanaan di lapangan UU Nomor 12/2006 tentang Kewarganegaraan Republik Indonesia dan UU Nomor 23/2006 tentang Administrasi Kependudukan. Kami merasa prihatin atas minimnya kepemilikan dokumen kewarganegaraan dan kependudukan oleh warga masyarakat kita. Sementara dokumen itu diwajibkan untuk berbagai keperluan dalam masyarakat, baik untuk sekolah, mengurus BPJS, dan sebagainya”.
 
Lebih lanjut dikatakan Kiai Ma’shum, “sampai saat ini IKI telah membantu penerbitan lebih dari 300.000 akta kelahiran di beberapa daerah di Indonesia, seperti: Kota Tebing Tinggi, Kabupaten Sambas, Kota Singkawang, Kabupaten Bangka, Kabupaten Banyumas, Kota Bekasi, Kabupaten Lebak, Kota Serang, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang Selatan, dan Kota Tangerang”.
 
Hj Emma Rahmawati M.Si, mewakili Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tangerang,  menyampaikan, bahwa “kami sangat terbantu dengan hadirnya Institut Kewarganegaraan Indonesia untuk membantu dan memfasilitasi pencapaian terpenuhinya akta kelahiran di Kota Tangerang. Oleh karena itu, kami berharap IKI selalu senantiasa membantu Pemerintahan Kota Tangerang, dan kami mengapresiasi kerja-kerja relawan dalam membantu masyarakat mendapat kemudahan”.
 

Add new comment

Plain text

  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <blockquote> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.
CAPTCHA
This question is for testing whether or not you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.
4 + 1 =
Solve this simple math problem and enter the result. E.g. for 1+3, enter 4.