Kita Satu, Kita Sama, Kita Setara, Satu Tujuan: Indonesia

Akta Kelahiran Untuk Anak Yatim Piatu Di Kota Tangerang

Di awal tahun 2018, Yayasan Institut Kewarganegaraan Indonesia (Yayasan IKI) memulai pengabdiannya dengan memberikan bantuan penerbitan 25 akta kelahiran anak-anak yatim piatu dari Panti Asuhan Abhimata dan Panti Asuhan Padang Gembala di Kota Tangerang Selatan. Penyerahan akta kelahiran dilaksanakan pada hari Kamis, 11 Januari 2018 bertempat di panti asuhan Padang Gembala, Bumi Serpong Damai, Tangerang Selatan.
 
Dikatakan oleh Ketua III Yayasan IKI, Drs KH Saifullah Ma’shum M.Si: “ Yayasan IKI sangat concern terhadap hak-hak warga bangsa, kami telah mengadvokasi dan memfasilitasi lebih dari  300.000 akta lahir di berberapa daerah di Indonesia, seperti: Kota Tebing Tinggi, Kabupaten Sambas, Kota Singkawang, Kabupaten Bangka, Kabupaten Banyumas, Kota Bekasi, Kabupaten Lebak, Kota Serang, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang Selatan, dan Kota Tangerang. Dan lebih dari 250 akta kelahiran  anak-anak panti asuhan di Tangerang Selatan”.
 
Sampai dengan bulan Desember  2017 ini, Yayasan Institut Kewarganegaraan Indonesia  bersama pemerintah daerah dan relawan setempat, seperti: Kabupaten Lebak, Kabupaten Bogor, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang Selatan, dan Kota Tangerang, telah memfasilitasi penerbitan akta kelahiran sebanyak 28.418 akta, sebagian diantaranya akta kelahiran untuk anak-anak yatim piatu yang sejak Negara Kesatuan Republik Indonesia terbentuk sangat kesulitan mendapatkan akta kelahiran.
 
Anna Indarwati, pengurus Panti Asuhan Padang Gembala sangat terharu ketika menerima akta kelahiran yang diserahkan H Sumoharjo, Kabid Pelayanan Pencatatan Sipil mewakili Kantor Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tangerang Selatan. “Kami sangat berterima kasih kepada Pemerintah Kota Tangerang Selatan dan Yayasan Institut Kewarganegaraan Indonesia yang begitu perhatian kepada anak-anak yatim piatu di panti kami, juga kepada pengurus panti asuhan Abhimata yang membantu kami dalam proses mengisi dan melengkapi dokumen-dokumen yang dipersyaratkan. Lebih dari 10 tahun kami mendambakan anak-anak bisa mendapatkan akta kelahiran. Kami juga berharap, Yayasan IKI masih berkomitmen membantu anak-anak yatim ini, karena masih banyak anak-anak panti di wilayah Tangerang Raya yang belum memiliki akta kelahiran”.
 
Haji Sumohardjo menyampaikan, “kami sangat terbantu dengan hadirnya Yayasan Institut Kewarganegaraan Indonesia untuk membantu dan memfasilitasi pencapaian terpenuhinya akta kelahiran di Kota Tangerang Selatan. Oleh karena itu, kami berharap Yayasan IKI senantiasa membantu Pemerintahan Kota Tangerang Selatan, dan kami mengapresiasi kerja-kerja pengurus panti asuhan dalam membantu anak-anak mendapat kemudahan”.
 
Dengan dimilikinya akta kelahiran bagi anak-anak yatim piatu di panti asuhan ini, maka dapat segera diurus Kartu Indonesia Sehat ke Dinas Sosial untuk mendapatkan jaminan kesehatan. Hal ini selaras dengan pesan Walikota Tangerang Selatan Hj Airin Rachmi Diany SH, MH. M.Knkepada pengurus Yayasan IKI.
 
Menurut Peneliti Senior Yayasan IKI, Prasetyadji: “Untuk menuju tertib administrasi dan pelayanan kepada masyarakat yang optimal, Yayasan IKI juga membantu beberapa Dinas Dukcapil, seperti Dinas Dukcapil Kabupaten Tangerang dalam Penyusunan Standar Pelayanan Kependudukan dan Pencatatan Sipil”.
 
Lebih lanjut dikatakan, “kegiatan ini merupakan karya nyata Yayasan IKI dalam  mewujudkan kesetaraan hak bagi sesama warga Negara Indonesia dalam pemenuhan dokumen kewarganegaraan dan kependudukan, terlebih kita diingatkan untuk membela dan membantu para janda dan anak-anak yatim piatu”.(AJI - IKI)
 
 
 
 
 
 
 
 
 

 

Add new comment

Plain text

  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <blockquote> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.
CAPTCHA
This question is for testing whether or not you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.
1 + 5 =
Solve this simple math problem and enter the result. E.g. for 1+3, enter 4.