Kita Satu, Kita Sama, Kita Setara, Satu Tujuan: Indonesia

AKTA KELAHIRAN UNTUK ANAK PANTI ASUHAN, ANAK TERLANTAR DAN ANAK JALANAN

Anak panti asuhan, anak terlantar dan anak jalanan di Kota Bekasi sekarang akan semakin mudah dan cepat mendapatkan akta kelahiran. Hal ini dikarenakan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Bekasi menyelenggarakan program peningkatan layanan akta kelahiran bagi anak panti asuhan,  anak terlantar dan anak jalanan di Kota Bekasi.

Demikian antara lain dikemukakan Kabid Catatan Sipil Disdukcapil Kota Bekasi, Drs. Oke Kusmayadi dalam kegiatan sosialisasi akta kelahiran bagi anak panti asuhan, anak terlantar, dan anak jalanan di Kota Bekasi yang diselenggarakan pada Rabu, 28 September 2016 di kantor Dispenda Kota Bekasi.

Oke Kusmayadi melanjutkan bahwa pemerintah telah menerbitkan regulasi yang memudahkan warga masyarakat untuk mengajukan permohonan pembuatan akta kelahiran. “Dengan terbitnya Permendagri No. 9 Tahun 2016 maka yayasan atau panti asuhan tidak perlu lagi menggunakan Berita Acara Pemeriksaan (BAP) dari Kepolisian, cukup membuat Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) yang berisi kebenaran kelahiran yang dibuat dan ditandatangani pimpinan yayasan atau panti asuhan,” ujar Kabid Catatan Sipil itu di depan 45 peserta mewakili berbagai yayasan dan panti asuhan di Kota Bekasi.

Selama ini persyaratan harus ada BAP dari Kepolisian bagi anak asuh yayasan atau panti asuhan yang tidak diketahui asal usul dan identitas orang tuanya sering menjadi kendala bagi pihak yayasan atau panti asuhan untuk mengajukan permohonan akta kelahiran ke Disdukcapil.

Pada acara yang dipandu oleh Kasie Pencatatan Kelahiran dan Kematian, Adopsi, dan Ganti Nama Disdukcapil Kota Bekasi, Dra. Tjahjaning Dyah Nugrahadi, SH, M.Si, peserta menyambut baik acara ini dan adanya program pelayanan akta kelahiran bagi anak-anak panti asuhan, anak terlantar dan anak jalanan ini. Banyak yayasan atau panti asuhan yang masih memiliki anak asuh yang belum memiliki akta kelahiran.

Salah seorang peserta sosialisasi, Siti Almaesaroh (Alma) dari Panti Asuhan Al-Kahfi, Pekayon, Bekasi menyampaikan terima kasih atas adanya program pembuatan akta kelahiran bagi anak asuh panti asuhan atau yayasan. “Program ini sangat membantu kami karena panti asuhan dapat lebih cepat dan mudah mengajukan permohonan akta kelahiran,” katanya. Alma melanjutkan program ini akan mewujudkan hak anak asuh panti asuhan mendapatkan akta kelahiran.

Dyah menyampaikan bahwa setelah acara ini akan dilanjutkan dengan pengumpulan berkas permohonan pembuatan akta kelahiran oleh pengurus yayasan dan panti asuhan. “Disdukcapil Kota Bekasi siap menerima pengajuan berkas permohonan pembuatan akta kelahiran dari pengurus yayasan dan panti asuhan dalam waktu satu bulan setelah acara ini,” ujarnya. Ia melanjutkan Disdukcapil siap memproses berkas-berkas tersebut dan menerbitkan akta kelahirannya. (Rof/IKI)

Add new comment

Plain text

  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <blockquote> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.
CAPTCHA
This question is for testing whether or not you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.
8 + 6 =
Solve this simple math problem and enter the result. E.g. for 1+3, enter 4.

Berita

Suasana perekaman KTP Elektronik di Blora pada masa pandemi
New Normal Perekaman KTP
Peneliti Senior Institut Kewarganegaraan Indonesia (IKI) Prasetyadji bersama Staf IKI Indah Widiyani, Risma Nuraini dan Yesaya sedang membantu pengisian berkas permohonan akta kelahiran bagi anak-anak Panti Asuhan Griya Asih, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, di Sekretariat IKI Wisma46 Lantai 14 Kota BNI, Jalan Jenderal Sudirman Kav 1 Jakarta, untuk diserahkan ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Propinsi DKI Jakarta. 4/2/2020.
Lahir dan Besar di Panti Asuhan
Sapto BW didampingi Sofian mewakili Dinas Dukcapil Propinsi DKI Jakarta menyerahkan akta kelahiran warga pemulung kepada Peneliti IKI Swandy Sihotang didamping Prasetyadji, di Jakarta 28/1/2020.
IKI Dukung Disdukcapil DKI Jakarta Fasilitasi Komunitas Pemulung & Anak Jalanan
Sekjen MPR RI Apresiasi IKI Terbitkan Buku Risalah Pembentukan UU Kewarganegaraan
Begini Cara Kerja Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri

Copyright © 2016.Institut Kewarganegaraan Indonesia, Wisma 46, Lantai 14, Ruang 14-16, Kota BNI, Jl Jenderal Sudirman Kav. 1, Jakarta Pusat (10220).