Kita Satu, Kita Sama, Kita Setara, Satu Tujuan: Indonesia

Ada Layanan Dukcapil di Festival Cisadane

Relawan IKI melayani warga tangerang di stand pelayanan Disdukcapil pada Festival Cisadane

Pemerintah Kota Tangerang telah melakukan berbagai persiapan untuk menyambut agenda tahunan Festival Cisadane, yang diharapkan menjadi salah satu daya tarik wisata di Kota Tangerang. Festival yang pertama kali diadakan 24 tahun silam ini, pada tahun 2019 diadakan mulai tanggal 26 Juli hingga 4 Agustus. Bahkan Wali Kota Tangerang H. Arief R. Wismansyah beberapa waktu lalu secara khusus melakukan pemeriksaan terhadap bantaran sungai Cisadane.

Lomba Perahu Naga adalah ikon dari Festival Cisadane, maka tak salah apabila menjelang penyelenggaraan beberapa dermaga baru disiapkan sebagai akses para peserta naik dan turun ke sungai yang membelah Kota Tangerang tersebut. Apalagi tahun ini direncanakan 5 perwakilan negara luar akan mengikuti lomba perahu naga di ajang yang diharapkan menjadi daya tarik wisatawan domestik dan mancanegara.

Pembukaan ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Walikota, dilanjutkan parade perahu naga oleh berbagai instansi di Kota Tangerang, tari-tarian, barongsai dan flying board. Adapun rangkaian acara selama masa festival selain lomba perahu naga juga akan diadakan lomba perahu hias, pertunjukkan seni budaya daerah, pameran pembangunan dan gelar karya UKM yang digelar di berbagai stand tenda di sepanjang sisi sungai Cisadane.

 

Tenda-tenda putih dengan atapnya yang mengerucut tinggi tampak berjajar mengikuti alur jalan Cisadane, sementara masyarakat tampak antusias mengunjungi berbagai stand dan berbelanja sambil menikmati suasana. Namun diantara sekian banyak tenda, terdapat sekitar empat tenda yang sangat penuh oleh masyarakat, yang tampak antri sambil menjinjing map atau tas. Kehadiran Dinas Dukcapil memberikan pelayanan selama berlangsungnya festival tampak disambut penuh antusias oleh warga Kota Tangerang.

Saking tingginya antusiasme masyarkakat untuk mengurus berbagai keperluannya terkait dokumen kependudukan, selama 10 hari pelaksanaan festival, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tangerang telah dua ribu lebih akta kelahiran dan kartu keluarga. Relawan Institut Kewarganegaraan Indonesia di Kota Tangerang, turut berpartisipasi dengan membantu pihak dukcapil melakukan verifikasi dan memberikan konsultasi kepada warga yang demikian membludak di stand Dukcapil.

Faktor suasana tampaknya menjadi alasan warga Kota Tangerang memilih mengurus dokumen kependudukannya selama penyelenggaraan festival. Ety misalnya, sengaja datang bersama keluarganya untuk menikmati senja

di pinggir sungai sekaligus mengurus akta kelahiran dan pembaharuan KK bagi keluarganya. “Sambil jajanin dan ajak anak main Pak” demikian ungkapnya sambil mengantri. Sementara Rita, salah seorang warga lainnya beralasan bahwa ia tinggal tak jauh dari lokasi festival sehingga lebih praktis dan ekonomis. “Nggak perlu naik angkot kesini, saya juga mau kuliner selesai ngurus ini” ujarnya sambil berdesakan menunggu panggilan petugas.

Antusiasme masyarakat menyambut pelayanan dukcapil yang lebih dekat adalah wujud betapa di daerah sekelas kota saja masih banyak warga yang membutuhkan pengurusan

dokumen kependudukannya, baik pembaharuan maupun pembuatan dokumen baru. Tampaknya memang proses mewujudkan database kependudukan yang baik, valid dan berdayaguna bagi pembangunan dan kemajuan bangsa adalah tantangan bagi kita semua. Bukan semata-mata tugas Dukcapil tapi tugas seluruh anak bangsa yang menginginkan pembangunan berkesinambungan yang di dasarkan pada data-data kependudukan yang valid. @esa

Add new comment

Plain text

  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <blockquote> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.
CAPTCHA
This question is for testing whether or not you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.
6 + 3 =
Solve this simple math problem and enter the result. E.g. for 1+3, enter 4.

Berita

Begini Cara Kerja Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri
Saatnya Disdukcapil di Daerah Menyediakan Anjungan Dukcapil Mandiri
IKI dan DISDUKCAPIL Yanling di SOSPAM Kota Cilegon
Kasatpel Capil Kel. Pegangsaan didampingi Staf IKI mendampingi Bunari & Wagiyem dalam pengurusan dokumen kependudukannya.
Perjalanan Terjal Wagiyem Berburu Dokumen Kependudukan
Muhaimin: TKI Wajib Memiliki Akta Kelahiran

Copyright © 2016.Institut Kewarganegaraan Indonesia, Wisma 46, Lantai 14, Ruang 14-16, Kota BNI, Jl Jenderal Sudirman Kav. 1, Jakarta Pusat (10220).