Kita Satu, Kita Sama, Kita Setara, Satu Tujuan: Indonesia

1.271 Warga Miskin di Tangsel Terima Dokumen Gratis

penyerahan dokumen dukcapil oleh walikota tangsel

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menyerahkan dokumen secara cuma-cuma alias gratis. Warga miskin yang mendapatkan pelayanan tersebut berasal dari lima kelurahan di daerah hasil pemekaran dari Kabupaten Tangerang tersebut. 



“Sebelum melaksanakan program ini, kami melakukan pengecekan ke Badan Pusat Statistik (BPS). Ternyata enam kecamatan itu yang masuk kriteria program kami,” ungkap Kepala Disdukcapil Toto Sudarto, ditemui dalam acara penyerahan secara simbolis di Serpong, Minggu (14/9/2014).



Menurutnya, sebanyak 1.271 warga tak mampu tersebut berasal dari enam kelurahan di tiga kecamatan yang ada di Kota Tangsel. Antara lain yakni Kelurahan Kedaung di Kecamatan Pamulang, Kelurahan Jombang, Serua dan Sawah Baru di Kecamatan Ciputat, dan Kranggan di Kecamatan Setu.



Toto memaparkan, dari ke-1.271  dokumen kependudukan mencakup berbentuk 1.168 akte kelahiran, lima akte kematian, 77 kartu keluarga, serta 21 KTP kepada penduduk. Sedangkan pemberian secara simbolis oleh Walikota Tangsel Airin Rachmi Diani.



“Kami berharap program ini terus berkelanjutan ditahun berikutnya. Sehingga, pada akhirnya semua warga Tangsel memiliki dokumen kependudukan resmi terbaru, bukan lagi yang lama,” ujar Toto.



Sementara, semua proses administrasi kependudukan yang bekerjasama dengan camat, lurah, dan RT/RW itu, sudah bisa diambil oleh penduduk dikantor kelurahan masing-masing. “Ya sudah jadi, masyarakat silahkan ambil di kantor kelurahan masing-masing,” ujarnya. **Baca juga: 2015, Layanan Disdukcapil Tangsel Terapkan Sistem Online.


Sementara itu dijelaskan Airin, pembagian dokumen kependudukan ini memang dirasakan sangat perlu agar terus dilakukan. Sebab, berdasarkan amanah Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 tentang Sistem Administrasi Kependudukan, pemerintah harus aktif menjemput bola memberikan pelayanan kepada masyarakat.



“Makanya, kita harus terus berikan prinsip pro aktif kepada masyarakat, dalam melakukan segala macam pelayanan admainistrasi kependudukan,” ujarnya. Oleh karena itu, Airin pun menantang Disdukcapil Kota Tangsel untuk menerapkan sistem online dalam pelayanan administrasi kependudukan.(yud)

 
Sumber: Kabar6.com

Add new comment

Plain text

  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <blockquote> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.
CAPTCHA
This question is for testing whether or not you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.
1 + 10 =
Solve this simple math problem and enter the result. E.g. for 1+3, enter 4.

Berita

Suasana perekaman KTP Elektronik di Blora pada masa pandemi
New Normal Perekaman KTP
Peneliti Senior Institut Kewarganegaraan Indonesia (IKI) Prasetyadji bersama Staf IKI Indah Widiyani, Risma Nuraini dan Yesaya sedang membantu pengisian berkas permohonan akta kelahiran bagi anak-anak Panti Asuhan Griya Asih, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, di Sekretariat IKI Wisma46 Lantai 14 Kota BNI, Jalan Jenderal Sudirman Kav 1 Jakarta, untuk diserahkan ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Propinsi DKI Jakarta. 4/2/2020.
Lahir dan Besar di Panti Asuhan
Sapto BW didampingi Sofian mewakili Dinas Dukcapil Propinsi DKI Jakarta menyerahkan akta kelahiran warga pemulung kepada Peneliti IKI Swandy Sihotang didamping Prasetyadji, di Jakarta 28/1/2020.
IKI Dukung Disdukcapil DKI Jakarta Fasilitasi Komunitas Pemulung & Anak Jalanan
Sekjen MPR RI Apresiasi IKI Terbitkan Buku Risalah Pembentukan UU Kewarganegaraan
Begini Cara Kerja Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri

Copyright © 2016.Institut Kewarganegaraan Indonesia, Wisma 46, Lantai 14, Ruang 14-16, Kota BNI, Jl Jenderal Sudirman Kav. 1, Jakarta Pusat (10220).